Cara Force Restart Iphone: 3 Prosedur & Fungsi

Bagaimana cara force restart iphone? Phone, sebagai salah satu perangkat pintar terkemuka di dunia, terkadang dapat menghadapi situasi di mana perlu di lakukan force restart. Force restart, atau di kenal juga sebagai “hard reset,” merupakan proses mematikan paksa perangkat dan memulainya kembali. Artikel ini akan membahas secara rinci tentang cara melakukan force restart pada iPhone dan mengapa langkah ini mungkin di perlukan.

cara force restart iphone

Mengapa Perlu Force Restart iPhone

Cara force restart pada iPhone bisa menjadi langkah yang di perlukan dalam beberapa situasi untuk mengatasi masalah teknis atau ketidaknormalan pada perangkat. Beberapa alasan mengapa perlu melakukan cara force restart iPhone antara lain:

1. Aplikasi Membeku atau Tidak Responsif

Force restart dapat membantu mengatasi situasi di mana aplikasi di iPhone mengalami pembekuan atau tidak merespons.

2. Sistem Operasi Tidak Stabil

Jika sistem operasi iPhone mengalami ketidakstabilan atau terjebak dalam siklus kesalahan, force restart dapat membersihkan dan memulai ulang sistem operasi.

3. Perangkat Tidak Merespons

Pada kondisi di mana iPhone tidak merespons terhadap sentuhan layar atau tombol, force restart bisa menjadi cara untuk memulai ulang perangkat.

4. Masalah Koneksi Jaringan

Force restart dapat membantu mengatasi masalah koneksi jaringan seperti WiFi yang tidak terhubung atau sinyal seluler yang lemah.

5. Proses Update Gagal

Jika proses pembaruan perangkat lunak gagal atau terjebak, force restart dapat membantu melepaskan perangkat dari keadaan yang menghambat pembaruan.

6. Pengaturan Tidak Stabil

Masalah dengan pengaturan perangkat, terutama setelah perubahan konfigurasi, dapat di atasi dengan melakukan force restart untuk mengembalikan pengaturan ke kondisi default.

7. Pembaruan Aplikasi atau Sistem

Setelah melakukan pembaruan pada aplikasi atau sistem operasi, melakukan force restart bisa membantu menerapkan perubahan secara efektif.

8. Kesalahan Perangkat Keras Kecil

Restart paksa dapat membantu memperbaiki beberapa kesalahan perangkat keras kecil yang mungkin memengaruhi kinerja iPhone.

9. Memulai Ulang Prosesor dan Komponen Perangkat Keras

Force restart melibatkan memulai ulang prosesor dan beberapa komponen perangkat keras, yang dapat membantu mengatasi masalah kinerja dan responsivitas.

10. Perbaikan Kesalahan Sistem yang Tidak Di ketahui

Pada beberapa kasus, force restart mungkin di perlukan untuk mengatasi kesalahan sistem yang tidak dapat diidentifikasi dengan jelas.

11. Meningkatkan Kinerja Umum

Force restart dapat memberikan “refresh” pada sistem dan membantu meningkatkan kinerja umum perangkat.

Cara Force Restart Iphone

Cara melakukan force restart pada iPhone berbeda tergantung pada model perangkat yang Anda miliki. Berikut adalah langkah-langkah atau cara untuk force restart pada beberapa model iPhone:

1. iPhone Tanpa Tombol Home (iPhone X, iPhone 11, iPhone 12, dan sejenisnya)

  • Tekan dan Lepaskan Cepat Tombol Volume Up: Tekan dan lepaskan cepat tombol Volume Up (tombol peningkatan volume).
  • Tekan dan Lepaskan Cepat Tombol Volume Down: Tekan dan lepaskan cepat tombol Volume Down (tombol pengurangan volume).
  • Menekan dan Tahan Tombol Side (Power): Setelah itu, segera tekan dan tahan tombol Side (Power) hingga Anda melihat layar mati dan logo Apple muncul.
  • Lepaskan Tombol Side: Lepaskan tombol Side setelah logo Apple muncul. iPhone Anda akan melakukan restart paksa.

2. iPhone dengan Tombol Home (iPhone 8 atau Lebih Lama)

  • Tekan dan Tahan Tombol Side (Power) atau Top (Pada iPhone 8 atau Model Lebih Lama): Pada iPhone dengan tombol Home, tekan dan tahan tombol Side (Power) atau Top hingga Anda melihat slider “slide to power off.”
  • Lepaskan Tombol Side atau Top: Lepaskan tombol Side atau Top setelah melihat slider “slide to power off.”
  • Tekan dan Tahan Tombol Home: Segera setelah melepaskan tombol Side atau Top, tekan dan tahan tombol Home hingga Anda melihat logo Apple muncul.
  • Lepaskan Tombol Home: Lepaskan tombol Home setelah melihat logo Apple. iPhone Anda akan melakukan restart paksa.

3. iPhone tanpa Layar Sentuh (Mode DFU)

  • Sambungkan ke Komputer: Hubungkan iPhone ke komputer menggunakan kabel USB dan buka iTunes atau Finder (pada macOS Catalina dan versi lebih baru).
  • Tekan dan Tahan Tombol Side dan Volume Down: Tekan dan tahan tombol Side (Power) dan tombol Volume Down secara bersamaan selama delapan detik.
  • Lepaskan Tombol Side, Tetap Tahan Tombol Volume Down: Lepaskan tombol Side setelah delapan detik, tetapi tetap tahan tombol Volume Down.
  • Tunggu Hingga Terdeteksi di iTunes atau Finder: Tunggu hingga iPhone terdeteksi sebagai perangkat dalam mode pemulihan di iTunes atau Finder.

Penting untuk diingat bahwa cara force restart iphone tidak akan menghapus data pengguna, tetapi hanya melakukan pemulihan perangkat yang mungkin memperbaiki beberapa masalah teknis. Jika masalah perangkat berlanjut, pertimbangkan untuk mencari bantuan lebih lanjut dari Apple atau mengunjungi pusat layanan resmi.

Sumber:

youtube.com (gambar)

You may also like...