Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Permanen Di Wa

Bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di wa? WhatsApp telah menjadi alat komunikasi yang tak tergantikan bagi banyak orang, dan dengan pertukaran foto dan video yang sering terjadi, tidak jarang kita menemui situasi di mana foto yang kita inginkan malah terhapus secara permanen.

Meskipun WhatsApp memiliki fitur “Pemulihan Pesan,” namun tidak semua orang menyadari bahwa fitur ini tidak secara otomatis memulihkan file yang dihapus. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam cara mengembalikan foto yang terhapus secara permanen di Wa atau WhatsApp.

cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di wa

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Permanen Di Wa

WhatsApp menjadi jantung komunikasi modern, namun, kadang-kadang pengguna menghadapi momen pahit saat foto berharga terhapus secara permanen. Meskipun WhatsApp menyediakan fitur pemulihan pesan, untuk foto yang telah hilang secara permanen, perlu pendekatan yang lebih terperinci. Berikut beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di wa:

1. Pahami Fitur Pemulihan WhatsApp

Sebelum kita melangkah lebih jauh, penting untuk menyadari fitur pemulihan WhatsApp yang memiliki batas waktu tujuh hari. Setelah melewati periode ini, kemungkinan besar data sudah terhapus secara permanen. Maka dari itu, respons cepat sangat penting.

2. Periksa Folder “Trash” di Galeri

WhatsApp menyimpan file yang dihapus di folder “Trash” di galeri. Periksa folder ini, mungkin foto yang dicari masih ada di sana. Jika iya, Anda dapat mengembalikannya ke album asal.

3. Gunakan Fitur Pemulihan Pesan WhatsApp

Fitur ini, walaupun lebih terfokus pada pesan, kadang-kadang dapat membantu mengembalikan media seperti foto. Pergi ke “Settings” (Pengaturan) > “Chats” (Obrolan) > “Chat backup” (Cadangan Obrolan), dan pilih waktu cadangan yang sesuai dengan foto yang hilang.

4. Aplikasi Pemulihan Data

Aplikasi pihak ketiga seperti Dr.Fone, DiskDigger, atau EaseUS MobiSaver dapat membantu mengembalikan foto yang terhapus permanen. Namun, penggunaan aplikasi semacam ini dapat memerlukan akses root pada perangkat.

5. Layanan Pemulihan Data Profesional

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, pertimbangkan menggunakan layanan pemulihan data profesional. Meskipun mungkin dikenakan biaya, mereka memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dalam memulihkan data yang hilang.

6. Pemulihan dari Cadangan Sistem

Jika Anda memiliki cadangan sistem sebelum foto dihapus, Anda dapat memulihkan perangkat Anda ke titik tersebut. Namun, harap dicatat bahwa ini dapat menghapus data yang ditambahkan setelah cadangan dibuat.

7. Pencegahan di Masa Depan

Untuk mencegah kehilangan data di masa depan, pertimbangkan untuk secara teratur melakukan cadangan data WhatsApp Anda. Ini bisa dilakukan melalui pengaturan “Chat backup” di WhatsApp. Hal ini sebagai cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di wa.

Cara Memulihkan Cadangan Di WA

Untuk memulihkan cadangan chat atau konten di wa atau whatsapp diantaranya yaitu:

1. Melalui file Backup

Sebenarnya, terdapat metode untuk mengembalikan foto yang terhapus di WhatsApp melalui sistem pencadangan otomatis yang telah disediakan oleh aplikasi ini.

WhatsApp memiliki fitur pencadangan, di mana data dan aktivitas pengguna disimpan selama 7 hari terakhir. Dengan demikian, semua file yang dihasilkan dalam jangka waktu tersebut akan tetap tersedia di perangkat pengguna.

Oleh karena itu, file yang dapat dipulihkan terbatas pada dokumen atau foto yang dihasilkan dalam periode 7 hari terakhir. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengembalikan foto yang terhapus di WhatsApp:

  • Buka aplikasi WhatsApp di perangkat Anda.
  • Selanjutnya, klik ikon tiga titik di pojok kanan atas layar.
  • Pilih opsi “Settings” atau “Setelan.”
  • Pilih menu “Chat” dari daftar opsi yang tersedia.
  • Lihatlah informasi waktu terakhir pencadangan yang dilakukan oleh WhatsApp.
  • Jika foto yang ingin dikembalikan terhapus dalam jangka waktu tersebut, langkah pertama adalah menghapus WhatsApp dari perangkat.
  • Kemudian, instal kembali aplikasi dan lakukan proses login seperti biasa.
  • Ketika muncul notifikasi untuk mengembalikan data dari pencadangan, klik tombol “Yes” dan tekan “Next.”
  • Proses pemulihan akan berlangsung, dan Anda akan menemukan kembali foto yang sebelumnya terhapus dalam kolom chat.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah mengembalikan foto yang hilang selama periode pencadangan terakhir. Ingatlah bahwa hanya data dalam rentang waktu 7 hari yang dapat dipulihkan melalui sistem pencadangan WhatsApp.

2. Google Drive

Ada alternatif lain yang dapat Anda tempuh untuk mengembalikan foto yang terhapus, yaitu melalui Google Drive. Harap dicatat bahwa opsi ini hanya tersedia bagi pengguna Android. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Akses akun Google Drive yang terhubung dengan WhatsApp.
  • Klik ikon tiga garis horizontal di pojok kiri atas layar.
  • Pilih opsi “Trash” atau “Sampah”.
  • Kemungkinan besar, foto yang terhapus akan tersimpan di Google Drive.
  • Jika Anda ingin memulihkan foto tersebut, pilih foto tersebut dan klik “Restore” atau “Pulihkan”.

Namun, perlu diperhatikan bahwa file yang ada di folder “Sampah” Google Drive akan otomatis terhapus setelah 30 hari terakhir. Oleh karena itu, pastikan foto yang ingin Anda pulihkan masuk dalam rentang waktu 30 hari terakhir.

3. Mencari Foto di File Internal

Cara lain untuk mengembalikan foto yang terhapus di WhatsApp adalah dengan mencarinya di file internal. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka file internal di ponsel Anda.
  • Pilih folder WhatsApp.
  • Pilih menu “Media” dan klik “WhatsApp Images”.
  • Teliti dengan seksama, dan Anda akan menemukan foto yang terhapus di sana.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menelusuri file internal ponsel untuk menemukan dan mengembalikan foto yang telah terhapus.

Cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di wa membutuhkan respons cepat dan pemahaman mendalam tentang opsi yang tersedia. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, diharapkan Anda dapat memulihkan sebagian besar, jika tidak semua, foto yang hilang. Selain itu, tindakan pencegahan seperti cadangan rutin dapat memastikan keamanan data di masa depan.

Sumber:

youtube.com (gambar)