Cara Mengurangi System Data Iphone: 12 Prosedur & Ulasan

Bagaimana cara mengurangi system data iphone? Dalam penggunaan sehari-hari iPhone, pengelolaan sistem data menjadi aspek yang sangat penting untuk memastikan kinerja perangkat tetap optimal.

Sistem data melibatkan berbagai aspek termasuk file sistem, cache, dan data lainnya yang dapat secara bertahap mengambil ruang penyimpanan berharga di perangkat Anda. Untuk mengoptimalkan penggunaan penyimpanan dan meningkatkan kinerja iPhone, penting untuk memahami cara mengurangi sistem data.

Artikel ini akan membahas langkah-langkah atau cara konkret untuk mengurangi system data pada iPhone, yang melibatkan pembersihan file yang tidak di perlukan, mengelola cache, dan menerapkan praktik terbaik untuk memastikan perangkat Anda tetap berjalan dengan lancar.

cara mengurangi system data iphone

Cara Mengurangi System Data Iphone

Cara mengurangi data system pada iPhone dapat membantu mempercepat perangkat, menghemat ruang penyimpanan, dan meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa langkah atau cara yang dapat Anda ambil untuk mengurangi system data pada iPhone:

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Di perlukan

Cara pertama mengurangi system data iphone yaitu hapus aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan atau yang tidak di perlukan. Aplikasi dapat menyimpan data sementara yang dapat meningkatkan penggunaan sistem.

2. Hapus Riwayat Safari

Buka Pengaturan (Settings), gulir ke bawah, dan pilih Safari. Di bagian bawah halaman Safari, pilih “Hapus Riwayat dan Data Situs Web.”

3. Hapus File Lampiran Pesan

Pesan dapat menyimpan lampiran seperti foto dan video. Hapus file lampiran yang tidak di perlukan dari percakapan pesan.

4. Atur Penyimpanan Foto dan Video

Gunakan iCloud untuk menyimpan foto dan video Anda. Pilih “Pengaturan” > “Foto” dan aktifkan “iCloud Foto.” Anda juga dapat menghapus foto dan video yang sudah di unggah ke iCloud untuk menghemat ruang lokal.

5. Hapus Musik, Podcast, dan Video yang Tidak Di perlukan

Hapus file media yang tidak di perlukan. Anda dapat melakukan ini melalui aplikasi Musik, Podcast, dan TV.

6. Hapus File Unduhan

Hapus file yang telah di unduh, seperti file PDF atau dokumen dari aplikasi lain yang Anda tidak butuhkan lagi.

7. Batasi Aplikasi yang Menggunakan Data Seluler

Buka Pengaturan, pilih “Seluler,” dan gulir ke bawah untuk melihat aplikasi mana yang di izinkan menggunakan data seluler. Nonaktifkan data seluler untuk aplikasi yang tidak perlu.

8. Atur Pengaturan Siri dan Pencarian

Buka Pengaturan dan pilih Siri & Pencarian. Pilih aplikasi yang tidak perlu memunculkan hasil pencarian dan nonaktifkan fitur Siri untuk aplikasi yang tidak di gunakan secara intensif.

9. Hapus Profil Konfigurasi yang Tidak Di perlukan

Buka Pengaturan, pilih “Umum,” dan kemudian “Profil.” Hapus profil konfigurasi yang tidak di perlukan atau yang tidak diinstal dengan sengaja.

10. Update iOS

Pastikan perangkat Anda menjalankan versi iOS terbaru. Pembaruan sistem operasi sering kali mencakup perbaikan kinerja dan pengoptimalan.

11. Gunakan Fitur “Penyimpanan iPhone”

Di Pengaturan, pilih “Umum” dan kemudian “Penyimpanan iPhone.” Fitur ini memberikan gambaran lengkap tentang penggunaan penyimpanan, dan Anda dapat mengelola aplikasi serta data yang di gunakan.

12. Pilih “Hapus Konten & Pengaturan” (Jika Di perlukan)

Jika semua langkah di atas belum memberikan hasil yang memadai, Anda dapat memilih untuk mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik melalui opsi “Hapus Konten & Pengaturan” di Pengaturan > Umum > Nolbalasi > Hapus Konten & Pengaturan. Pastikan untuk membuat cadangan data penting sebelum melakukannya.

Dengan mengikuti cara mengurangi system data iphone di atas, Anda dapat mengurangi penggunaan sistem pada iPhone dan memastikan perangkat berjalan dengan lebih lancar. Selalu pastikan untuk membuat cadangan data penting sebelum menghapus atau mengubah pengaturan pada perangkat Anda.

Sumber:

youtube.com (gambar)